Minggu, 18 Mei 2014

KEJAHATAN KOMPUTER

Makalah Konsep Teknologi Informasi

“Kejahatan Komputer”

Dosen      : Irzal Wisky, S.Kom


Oleh
Tosha P. Noverita           12101156110222



TIK-4
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UPI “YPTK” PADANG

KATA PENGANTAR

Makalah ini dimaksudkan sebagai penjelasan ringkas dari kejahatan komputer. Dengan membaca makalah kejahatan komputer ini diharapkan pembaca dapat memahami dan mengerti tentang yang disebut kejahatan komputerdan juga dapat memahami faktor dan hal – hal yang berhubungan dengan kejahatan komputer.

Makalah ini memuat tentang pentingnya kejahatan komputer beserta sub – sub bagiannya seperti; Pengertian Kejahatan Komputer, Hacker, Cracker, Spam dan Spyware. Tetapi kami disini cuma membahas tentang satu masalah kejahatan computer yakni “Hacker”. Serta kami akan membahas bagaimana cara mengatasinya.

Akhir kata kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini, khususnya kepada dosen saya yang telah memberikan tugas untuk membuat makalah ini sehingga kami mempunyai semangat yang tinggi dalam menyelesaikan makalah ini. Kritik dan saran pembaca sangat kami harapkan untuk penyempurnaan makalah ini di masa mendatang.





Padang, 7 Desember 2012


Penulis




DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR           ……………………………………………………………………....

DAFTAR ISI  ………………………………………………………………………………………

BAB I PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang      ………………………………………………………………………………
1.2 Rumusan Masalah ………………………………………………………………………………
1.3 Tujuan Makalah    ………………………………………………………………………………

BAB II PEMBAHASAN
2.1 Kejahatan Komputer         ………………………………………………………………………
2.2 Hacker       ……………….……………………………………………………………………..
2.3 Cara Mengatasi Hacker     ……….……………………………………………………………..

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan           ………………………………………………………………………………
3.2 Kritik dan Saran    ………………………………………………………………………………

DAFTAR PUSTAKA








BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang

Kejahatan dalam dunia computer sangat banyak sekali, terutama pencurian data dan memperbanyak hak cipta. Kejahatan komputer sekarang bukanlah hal yang jarang kita jumpai. Kejahatan komputer mempunyai hubungan dengan kode etik profesi. Etika profesi sangatlah dibutuhkan dalam berbagai bidang khususnya bidang teknologi informasi.

 Kode etik sangat dibutuhkan dalam bidang Teknologi Infomatika  karena kode etik tersebut dapat menentukan apa yang baik dan yang tidak baik serta apakah suatu kegiatan yang dilakukan oleh IT-er itu dapat dikatakan bertanggung jawab atau tidak.

 Pada jaman sekarang banyak sekali orang di bidang TI menyalahgunakan profesinya untuk merugikan orang lain, contohnya hacker yang sering mencuri uang, password leat computer dengan menggunakan keahlian mereka. Contoh seperti itu harus dijatuhi hukuman yang berlaku sesuai dengan kode etik yang telah disepakati. Dan banyak pula tindakan kejahatan dilakukan di internet selain hacker yaitu cracker, dll.

 Oleh sebab itu kode etik bagi pengguna internet sangat dibutuhkan pada jaman sekarang ini. Penulis membuat makalah ini dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang kejahatan komputer melalui jaringan internet, memberikan penjelasan mengenai jenis-jenis kejahatan komputer serta bertujuan untuk memberikan solusi untuk mengantisipasi kejahatan komputer yang dilakukan melalui jaringan internet.




1.2   Rumusan Masalah


Dalam makalah ini kami hanya membahas satu contoh kejahatan computer yakni Hacker. Serta kami juga akan membahas cara mengatasinya. Untuk aplikasi lain kami mencantumkan beberapa kejahatan lain, tetapi tidak kami bahas, Cuma sebagai tambahan dari makalah kami yakni cracker.



1.3   Tujuan Makalah


Makalah ini dibuat dengan tujuan agar mengetahui tentang kejahatan dalam dunia komputer dan cara mengatasinya serta macam-macam kejahatan komputer dan definisinya.























BAB II
PEMBAHASAN


2.1                       Kejahatan Komputer


Kejahatan Komputer adalah perbuatan melawan hukum yang dilakukan memakai komputer sebagai sarana/alat atau komputer sebagai objek, baik untuk memperoleh keuntungan ataupun tidak, dengan merugikan pihak lain. Kejahatan yang berhubungan erat dengan penggunaan teknologi yang berbasis utama komputer dan jaringan telekomunika. Definisinya adalah kejahatan komputer dan kejahatan yang berkaitan dengan komputer.

Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Thomas Porter dalam bukunya “EDP Control and Auditing” yakni computer abuse (penyalahgunaan komputer), computer crime (kejahatan komputer) dan computer relater crime (kejahatan yang berhubungan dengan komputer).

Computer abuse merupakan tindakan sengaja dengan melibatkan komputer dimana satu pelaku kejahatan atau lebih dapat memperoleh keuntungan atau korban ( satu atau lebih ) dapat menderita kerugian.

 Computer crime merupakan tindakan melanggar hukum di mana pengetahuan tentang komputer sangat penting agar pelaksanaannya berjalan dengan baik.

Computer related crime adalah kejahatan yang berkaitan dengan komputer tidak terbatas pada kejahatan bisnis, kerah putih atau ekonomi. Kejahatan itu mencakup kejahatan yang menghancurkan komputer atau isinya atau membahayakan kehidupan dan kesejahteraan manusia karena semua tergantung apakah komputer dapat bekerja dengan benar atau tidak.


2.2                       Hacker

Hacker adalah sekelompok orang yang menggunakan keahliannya dalam hal komputer untuk melihat, menemukan dan memperbaiki kelemahan sistem keamanan dalam sebuah sistem komputer ataupun dalam sebuah software. Ada juga yang bilang hacker adalah orang yang secara diam-diam mempelajari sistem yang biasanya sukar dimengerti untuk kemudian mengelolanya dan men-share hasil uji coba yang dilakukannya. Hacker tidak merusak sistem.


Beberapa tingkatan hacker antara lain :

Elite
Mengerti sistem luar dalam, sanggup mengkonfigurasi & menyambungkan jaringan secara global, melakukan pemrogramman setiap harinya, effisien & trampil, menggunakan pengetahuannya dengan tepat, tidak menghancurkan data-data, dan selalu mengikuti peraturan yang ada. Tingkat Elite ini sering disebut sebagai ‘suhu’.
Semi Elite
            Mempunyai kemampuan & pengetahuan luas tentang komputer, mengerti tentang sistem operasi (termasuk lubangnya), kemampuan programnya cukup untuk mengubah program eksploit.
Developed Kiddie
            Kebanyakkan masih muda & masih sekolah, mereka membaca tentang metoda hacking & caranya di berbagai kesempatan, mencoba berbagai sistem sampai akhirnya berhasil & memproklamirkan kemenangan ke lainnya, umumnya masih menggunakan Grafik User Interface (GUI) & baru belajar basic dari UNIX tanpa mampu menemukan lubang kelemahan baru di sistem operasi.
Script Kiddie
            Kelompok ini hanya mempunyai pengetahuan teknis networking yang sangat minimal, tidak lepas dari GUI, hacking dilakukan menggunakan trojan untuk menakuti & menyusahkan hidup sebagian pengguna Internet.

Lamer
            Kelompok ini hanya mempunyai pengalaman & pengetahuan tapi ingin menjadi hacker sehingga lamer sering disebut sebagai ‘wanna-be’ hacker, penggunaan komputer mereka terutama untuk main game, IRC, tukar menukar software prirate, mencuri kartu kredit, melakukan hacking dengan menggunakan software trojan, nuke & DoS, suka menyombongkan diri melalui IRC channel, dan sebagainya.


Hacker juga mempunyai kode etik antara lain sebagai beikut            :
o Mamapu mengakses komputer tanpabatas dan totalitas.
o Tidak percaya pada otoritas artinya memperluas desentralisasi.
o Pekerjaan semata-mata demi kebenaran informasi yang harus disebar luaskan.


Cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan system dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari system yang di masuki seperti: pencurian data, penghapusan, dan banyak yang lainnya.

Ciri-ciri seorang cracker adalah :
o Bisa membuat program C, C++ atau pearl
o Mengetahui tentang TCP/IP
o Menggunakan internet lebih dari 50 jam perbulan
o Mengetahaui sitem operasi UNIX atau VMS
o Mengoleksi sofware atau hardware lama
o Lebih sering menjalankan aksinya pada malam hari kare tidak mudah diketahui orang lain
o dll




Penyebab cracker melakukan penyerangan antara lain          :
o Kecewa atau balas dendam
o Petualangan
o Mencari keuntungan
o Dll


Perbedaan Hacker dan Craker

 Hacker
o Mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs. Sebagai contoh : jika seorang hacker mencoba menguji situs Yahoo! dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna.
o Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.
o Seorang Hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.


Cracker
o Mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagia contoh : Virus, Pencurian Kartu Kredit, Kode Warez, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server.
o Bisa berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak.
o Mempunyai situs atau cenel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya.
o Mempunyai IP yang tidak bisa dilacak.



2.3                       Cara mengatasi Hacker

Ada banyak jenis software untuk mengatasi ancaman dari Hacker, salah satunya adalah Zona Alarm. Zone Alarm di design untuk melindungi komputer PC, Laptop maupun Netbook dari ancamana hacker di internet. Software ini memiliki 4 fungsi keamanan yaitu          :
1. Firewall
2. Application Control
3. Anti Virus Monitoring
4. Email Protection


1.      Firewall
Firewall pada zone alarm berfungsi untuk mengendalikan akses masukke komputer anda dan meminta izin untuk mengakses situs/web yang ingin anda kunjungi. Dengan demikian anda memiliki kesempatan untuk cek web tersebut layak atau tidak dibuka, biasanya situs/web yang mengandung pornografi, content dewasa, dll. Selain itu juga anda dapat mengatur tingkat keamanan internet zona security dan trusted zona security

2.       Aplication Control
Aplication Control berfungsi untuk mengontrol program-program yang beroperasi membutuhkan akses internet seperti: Internet Explorer, Mozilla, FTP, dll. Nah dengan bantuan fitur ini tentu mengurangi resiko terhadap serangan/ancaman langsung dari hacker yang sedang online.

3.      Anti Virus Monitoring
Antivirus Monitoring berfungsi untuk memonitor status dari ancaman virus yang masuk ke komputer anda baik online maupun offline.




4.       Email Protection
Fungsi dari Email Protection adalah melindungi email dari ancaman virus, malware, dll.

Jika anda berminat silakan langsunga aja download softwarenya disini: http://www.zonealarm.com/. Selanjutnya klik pada free download maka akan tampil seperti gambar. Semakin banyak software yang anda install akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan komputer anda, jadi jika anda sudah memakai anti virus cukup 1 antivirus dan zone alarm, berikutnya anda bisa menonaktifkan firewall bawaan windows anda. semoga hal ini membantu kestabilan komputer anda.






















BAB III
PENUTUP

3.1                       Kesimpulan

Berbagai persoalan yang telah penulis sampaikan di atas hanya sekelumit dari berbagai permasalahan tentang kejahatan pada komputer khususnya di era internet. Namun, berbagai teori dan kasus kejahatan yang telah disampaikan di atas setidak tidaknya telah membuka wawasan kita bahwa Internet sebagai sebuah media ternyata tidak dapat “membebaskan diri” dari kejahatan.

Dalam perkembangannya saat ini internet malah menjadi media yang sangat efektif bagi perkembangan kejahatan bentuk baru yang dikenal dengan nama cybercrime. Tentu, permasalahan ini haruslah dicarikan solusi, sehingga internet dapat dimanfaatkan secara maximal bagi kehidupan umat manusia. Karena itulah, sistem hukum yang efektif telah menjadi tembok akhir bagi pencari keadilan untuk meminimumkan berbagai kejahatan di Internet.

Kemajuan teknologi menyebabkan munculnya dampak negatif yang diakibatkan oleh kesalahan pemanfataan dari perkembangan teknologi tersebut. Hal ini tidak dapat dihindari dengan menekan perkembangan teknologi yang terus meninggkat setiap harinya. Internet merupakan jaringan komputer terbesar didunia yang membebaskan setiap orang untuk mengaksesnya. Oleh karena itu kejahatan komputer hanya merupakan kejahatan yang dapat dilakukan oleh setiap orang yang memiliki keahlian dibidang komputer dan keamanan jaringan.


3.2                       Kritik dan Saran
Janganlah anda menganggap kejahatan computer itu pelakunya adalah heaker. Padahal umumnya cracker melakukan cracking untuk menggunakan sumber daya di sebuah sistem untuk kepentingan sendiri.
Daftar Pustaka
http://payakumbuh.org/komputer-and-networking/44-menjadi-hacker-atau-cracker.html
http://mazpram.blogspot.com/2008/06/kejahatan-komputer.html
http://fleahlit.web.id/category/programing/java-programing/
http://userstyles.org/styles/site/facebook.com



GAMBAR SERTA FUNGSI DARI PERANGKAT KERAS



TUGAS ELEKTRONIKA KOMPUTER
“GAMBAR SERTA FUNGSI PERANGKAT KERAS (HARDWARE) KOMPUTER”
DOSEN : INDRA WIJAYA, S.Pd

OLEH
NAMA   : TOSHA P. NOVERITTA
NoBP    : 12101156110222
KELAS  : TIK-4

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UPI “YPTK” PADANG
GAMBAR SERTA FUNGSI PERANGKAT KERAS (HARDWARE) KOMPUTER


Pengertian perangkat keras atau lebih sering disebut dengan "hardware" adalah : adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj-iw6d7xlbgaWMNo9UP5qBhJj3VtF10oAPAo1EtK785f6wi5nfxwsVVqZTA4kcg4JLvkdLX3TWS_l6TqvEtOT_Y3_DLtL_NMzKwZgBh7g8PLvMTrqsAJRBvreebmBiezu0kvL5XW6yCck/s200/perangkat+keras+komputer.jpg


Dalam memudahkan mempelajari dan mengenal berbagai perangkat keras pada komputer maka di buatkan penggolongan hardware komputer berdasarkan         :
  1. Input Device              (Unit Masukan)
  2. Process Device           (Unit Pemrosesan)
  3. Output Device            (Unit Keluaran)
  4. Backing Storage        (Unit Penyimpanan)
  5. Pheriferal Device       (Unit Tambahan)



*  Input Device (Perangkat Masukan)


Input Device merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, sebagai contoh :


Ø  Mouse

·         Fungsi                   : untuk mengontrol pergerakan cursor pada komputer, untuk memudahkan brainware (pengguna) dalam mengelola data/objek pada komputer.

·         Gambar     :
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0ooBuHk8lzCXbDLMt0i99wJEOIHedmeTJP973intSie9RxYzvS1fRbcgawEd-LkVup3VlG3_lo54g9Z5IjIuOXrKJUlIylvb_Le1kzswLYMpMlHevF35Nr8vxolS-irzTLwlKG4dGaGQ/s200/glaser_mouse_front1.jpg


Ø  Keyboard
·         Fungsi             : di gunakan untuk menginput data ke CPU, dengan keyboard dapat memudahkan pembuatan document dan sejenisnya pada computer sehinggan dan menghasilkan output pada monitor.

·         Gambar           :
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4hBO19vwf9udxtL2ZLyqh5IW-Regx-r-kzCvdDs7kGcl1onDBn6uj31MVnzW7ZWu2NxZsDj6kIuqCzhTWl63KEzntnNmL1ACqm2vR9hBxaJJKx4teCZIgmfjCzmFVwJ8gEh8a4vnAIbQ/s200/KEYBOARD.jpg

*  Proses Device (Unit Pemprosesan)


Prosesor adalah perangkat keras komputer yang sangat penting dalam memahami dan melaksanakan perintah dari perangkat lunak, sebagai contoh            :

Ø  Prosesor
·         Fungsi : memproses semua informasi yang di input kemudian memberikan output tindak lanjut proses pada hardware lain.

·         Gambar           :
 Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjHi-2dTL_PCGwNaM0mzdLcRCnE13UtepgF6KDCb3zL_GVLKcK53gVTuZiZgZJN-vUacNfrIuHJpbtZrDQbx1Zv4rOBf23Z3xFe07seyGfuD_1Nb43Q0wMCYX_0MTDLs6oNvJ4rc8sJHQg/s200/intel_core-i7-processor.jpg        

Ø  Motherboard
·         Fungsi             : untuk menempatkan perangkat keras komputer lainnya seperti Processor, RAM dan sebagainya.

·         Gambar

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhA-E7xqAq4QpvI6QVCE1-4j6pi_xdRgikDYCR91XWtWZ4K57DHEOnLQJDTFF5XSgQLOuyWU4pPhExQ94u-BZKlIC3JE1teS0hD7HKyTUEcdxXIs1B3pzma6BooPFrlbdfH8eJ9mIjI6Vg/s200/motherboard-bridges.jpg


Ø  Random Access Memory (RAM)
·         Fungsi : sebagai penyimpanan data sementara sehingga memudahkan Processor dalam memproses data. RAM  jauh lebih cepat dalam memproses data, tetapi apa bila komputer dalam kondisi OFF Memory, RAM akan kosong artinya tidak bisa menyimpan data dalam jangka panjang.

·         Gambar           :
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNuOReJjXWt8SJ03FJ4BX0ozVqS4XllpxYsXZ7x2kPBwWNEGQUwi3_bwt3JKFSpZyZvdvbEcsyUr56YW0Xc1x3fwM77Tlv5NUZXfhwFPDONpWcD1tO0eyFnwndBDDdEe2i-n43gcD5Ttc/s200/computer-memory-ram.jpg





Ø  Power Supply Unit (PSU)
·         Fungsi             : sebagai penghantar arus listrik atau daya, kontrol voltase kepada perangkat keras komputer.

·         Gambar           :

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSBEH3hUAC2KSCza7BJpVhwfIC_6hfSTvwKDRKoykugx6IsRvs-ZziFiDNed4RJ7la4F8jlk85JMQqTXkIo89F-UGQTPxQCyCHUF5gwF38wgaE2GWjg-S7GRueNdtcSxCtlXpdEra-3qIP/s1600/Power+Supply+Unit+%28PSU%29.jpg



Ø  Casing Unit
·         Fungsi             : untuk menempatkan beberapa perangkat utama komputer seperti motherboard, VGA Card, Prosesor dan beberapa perangkat yang lainnya termasuk Power Supply.

·         Gambar           :


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_2ARgvQ5ErtVjB93-WkLAuxQEJg3n-d49u5XcVgHaYg9Ht_H8KRqOxdLPgWsqF68cHKytJIZuRW8gOs3nhqXGPnF7bvBAy_Txy2xW9vZ3gDstSHAc6HMSAkpmwzKWbnPDyEJy9VktUu26/s320/Casing+Unit+Computer.jpg
























*  Output Device (Unit Keluaran)

Output Device merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menghasilkan keluaran baik berupa hardcopy (di cetak di kertas) atau softcopy (ke layar monitor) dan juga keluaran berupa suara. Sebagai contoh :

Ø  Monitor
·         Fungsi                   : untuk menampilkan informasi yang bisa kita lihatdi layar.
·         Gambar     :
Description: C:\Users\upi\Documents\Bluetooth Folder\IMG00572-20121126-2016.jpg
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjvw4zoY8QI7wVvf_OYgnwfbUcoG9elmeCTkX41dbh4PR7LlvxbXrdmLYBtt575C7iUitOsdB-vKK1xtaBEl5W516ux5a_JjL1xT5XQrHTo6en-7l_MeC_Dum0rD43wGm5ujQU7PBYwz8Q/s200/gateway_fpd2185w_21_inch_lcd_monitor_1.jpg

Ø  Printer
·         Fungsi             : untuk menghasilkan cetakan baik berupa tulisa maupun gambar dari computer pada media kertas atau sejenisnya.

·         Gambar           :


*  Backing Storage (Unit Penyimpanan)

Storage Device adalah media sebagai penyimpanan data, sebagai contoh    :
Ø  Hard disk
·         Fungsi             : untuk menyimpan data, seperti video dan lagu lagu mp3 yang kita lihat dan dengarkan pada komputer dan file-file data lainnya, semua itu disimpan di dalam Hard Disk.

·         Gambar           :
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsRZjoNHGDWH5EkaDC384Fe-Z5oBkFWuaTXJM5s1Vyj9aM-pu_xfTL4eVqhza65WYyJuNHJagfuW_aHSQLZU7bHXN8zkpxjv7JraJX-ysofvai06sM_FSu9CzkgdHsqxgRgIBm2_jpdOU/s200/HDD-ST340014A-N-unit.jpg

*  Pheriferal Device (Unit Tambahan)

Pheriferal Device adalah media tambahan, sebagai contoh  :
Ø  Network Interface Card - NIC : LAN Card
·         Fungsi             : agar komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya maka diperlukan sebuah perangkat keras agar mampu terhubung ke jaringan komputer seperti Kartu Jaringan (network interface card - NIC).

·         Gambar           :
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh5ehKKVw8z9v1HIyxREgC7V5cZRfAEd96CdGPBJdIyXn4fqbAds5qrIGlyV6KKJe1-fJxHbeqFMsUePNM_1OBEUbG9oBOisJnE-iLtwdOl-rLSp0Z2IZCcwENS6ZRwlNUsQhfWiheU9dNv/s320/Network+Interface+Card+-+NIC+LAN+Card.jpg